Tujuan dari upaya
Piaget adalah menemukan karakteristik dari logika alamiah, yang terdiri dari
proses penalaran yang dibangun indiivdu pada berbagai fase dalam perkembangan
kognitif. Pertama, Piaget tidak mendukung pendapat bahwa pengetahuan sebagai
informasi statis yang berada dalam objek yang terpisah dari indiivdu. Dalam
Karya Piaget, Pengetahuan adalah
proses mengetahui melalui interaksi dengan lingkungan, dan kecerdasan adalah sistem organisasi yang membentuk struktur yang
dibutuhkan untuk beradaptasi dengan lingkungan.
Ada tiga karakteristik esensial yang membedakan pemikiran
operasional (logis) dengan jenis tindakan lainnya. Pertama, suatu transformasi
dikompensasi oleh perubahan dalam karakteristik lain. Kedua, hakikat esensial
dari objek atau data tetap tidak berubah. Karya terakhir Piaget menerangkan
akar pemikiran operasional, yang ditemukan di awal tindakan bayi dan anak.
Prinsip dasarnya adalah bahwa pengetahuan menyangkut inferensi, makna objek
menyangkut tindakan yang dapat dilakukan, dan logika dimulai saat anak mampu
mengantisipasi hubungan antar tindakan.
Komponen perkembangan kognitif terdiri dari (a) struktur
psikologis dari pemikiran logis, dan (b) proses fundamental yang terlibat dalam
interaksi dengan lingkungan. Individu mencapai pemikiran logisnya dalam ranah
tertentu ketika dpaat simultan
mengkoordinasikan operasi dan kebalikannya, dpaat memprediksi sejak awal
bentuk-bentuk perubahan yang akan terjadi, dan dapat mendukung keputusannya
beradasrkan keniscayaan. Proses fundamental dalam perkembangan pemikiran logis
adalah asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi. Asimilasi adalah integrasi elemen eksternal kedalam struktur
internal pemelajar. Akomodasi mencakup
penyesuaian dalam struktur internal pemelajar dan Ekuilibrasi adalah seperangkat proses yang kompleks dan dinamis
secara kontinyu mengatur perilaku.
Masalah utama dari implementasi teori Piaget adalah
perspektifnya yang berbeda mengenai kecerdasan, pengetahuan, dan belajar. Usaha
yang kuat diperlukan untuk mengubah perspektif seseorang mengenai kecerdasan
dan pengetahuan sebagai produk ke perspektif yang memandang konsep ini sebagai
proses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar