Selasa, 15 Oktober 2013

Bab 8 : Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget



Tujuan dari upaya Piaget adalah menemukan karakteristik dari logika alamiah, yang terdiri dari proses penalaran yang dibangun indiivdu pada berbagai fase dalam perkembangan kognitif. Pertama, Piaget tidak mendukung pendapat bahwa pengetahuan sebagai informasi statis yang berada dalam objek yang terpisah dari indiivdu. Dalam Karya Piaget, Pengetahuan adalah proses mengetahui melalui interaksi dengan lingkungan, dan kecerdasan adalah sistem organisasi yang membentuk struktur yang dibutuhkan untuk beradaptasi dengan lingkungan.
            Ada tiga karakteristik esensial yang membedakan pemikiran operasional (logis) dengan jenis tindakan lainnya. Pertama, suatu transformasi dikompensasi oleh perubahan dalam karakteristik lain. Kedua, hakikat esensial dari objek atau data tetap tidak berubah. Karya terakhir Piaget menerangkan akar pemikiran operasional, yang ditemukan di awal tindakan bayi dan anak. Prinsip dasarnya adalah bahwa pengetahuan menyangkut inferensi, makna objek menyangkut tindakan yang dapat dilakukan, dan logika dimulai saat anak mampu mengantisipasi hubungan antar tindakan.
            Komponen perkembangan kognitif terdiri dari (a) struktur psikologis dari pemikiran logis, dan (b) proses fundamental yang terlibat dalam interaksi dengan lingkungan. Individu mencapai pemikiran logisnya dalam ranah tertentu  ketika dpaat simultan mengkoordinasikan operasi dan kebalikannya, dpaat memprediksi sejak awal bentuk-bentuk perubahan yang akan terjadi, dan dapat mendukung keputusannya beradasrkan keniscayaan. Proses fundamental dalam perkembangan pemikiran logis adalah asimilasi, akomodasi, dan ekuilibrasi. Asimilasi adalah integrasi elemen eksternal kedalam struktur internal pemelajar. Akomodasi mencakup penyesuaian dalam struktur internal pemelajar dan Ekuilibrasi adalah seperangkat proses yang kompleks dan dinamis secara kontinyu mengatur perilaku.
            Masalah utama dari implementasi teori Piaget adalah perspektifnya yang berbeda mengenai kecerdasan, pengetahuan, dan belajar. Usaha yang kuat diperlukan untuk mengubah perspektif seseorang mengenai kecerdasan dan pengetahuan sebagai produk ke perspektif yang memandang konsep ini sebagai proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar