Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah
Psikologi Pendidikan Merupakan cabang ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam Lingkungan pendidikan.Psikologi pendidikan adalah bidang yang sangat luas dan salah satu perwujudannya adalah dalam Psikologi Sekolah.
Psikologi Sekolah adalah bagaimana menciptakan situasi yang mendukung bagi anak didik dalam mengembangkan kemampuan akademis,sosialisasi dan emosi yang bertujuan untuk membentuk mindset anak.
Psikolog sekolah menengani bidang pengaturan kurikulum yang akan dipakai,bagaimana startegi pengajaran yang baik agar didapat hasil optiml,situasi lingkungan belajar yang kondusif dan yang terpenting bagaimana mentransfer ilmu dan juga agar murid dapat menegmbangkannya lebih baik.
Psikolog Pendidikan harus mengikuti perkembangan,area menejemen kelas dan desain instruksional, pengukuran dan penggunaan gaya dan strategi belajar, penelitian dalam metakognitif, peningkatan aplikasi pendidikan jarak jauh, dan perluasan dari pengembangan dan aplikasi teknologi untuk tujuan instruksional.
Seperti yang dikatakan oleh William James,ia menegaskan pentingnya mempelajari proses belejar mengajar di kelas guna meningkatkan mutu pendidikan dan oleh karena itu dibutuhkan lah Psikologi Sekolah guna didapat hasil optimal dalam proses belajar-mengajar yang telah dilaksanakan.
Dalam proses belajar-mengajar,banyak hal yang harus diperhatikan diantaranya yaitu;
1. Penguasaan materi pelajaran
Selama ini pemahaman yang terjadi adalah “guru menguasai pelajaran”.Sebenarnya tidak semata-mata hanya itu saja namun banyak hal yang perlu lebih dikaji dan dipahami yaitu pengetahuan pelajaran bukan hanya sekedar mencakup fakta,istilah,dan konsep umum tetapi juga membutuhkan dasar-dasar pengorganisasian materi,mengaitkan berbagai gagasan,cara berpikir dan berargumen.
2. Strategi Pengajaran
Guru bukan hanya sekedar member informasi ke pikiran anak tetapi juga mendorong anak untuk mengeksplorasi dunia mereka,menemukan pengetahuan dan berpikir kritis.
3. Keahlian Manajemen kelas
Guru harus mampu menjaga kelas tetap aktif bersama dan mengorientasikan kelas ke tugas-tugas,mempertahankan lingkungan kondusif agar didapat hasil optimal.
4. Keahlian Komunikasi
Keahlian Komunikasi bukan hanya penting dalam kegiatan mengajar tetapi juga penting untuk berkomunikasi dengan orang tua murid.Guru yang efektif juga bekerja untuk meningkatakan keahlian komunikasi murid.
5. Penetapan Tujuan dan Keahlian Perencanaan Instruksional
Guru yang efektif tidak hanya sekedar mengajar di kelas namun harus menentukan tujuan pengajaran dan menyusun rencana untuk mencapai tujuan itu.
Hal ini semua harus dimiliki oleh para guru dan disinilah terdapat Psikologi Sekolah tersebut.Bagaimana hal-hal diatas dijalankan berdasarkan Psikologi Sekolah.
Namun Selain 5 point hal-hal diatas,ada juga hal-hal lain yang tidak kalah pentingnya yaitu bagaimana menciptakan Kondisi yang nyaman tidaklah hanya untuk fasilitas belajar saja, namun juga untuk bangunan gedung secara keseluruhan beserta kelengkapannya; termasuk di dalamnya laboratorium, bengkel, studio, fasilitas olahraga dan lain-lain. Demikian pula dengan pekarangan sekolah, dikehendaki lingkungan yang bersuasana cerah dan ceria, lega, sejuk, tenang dan nyaman.Hal ini mendukung motivasi belajar anak.
Dengan mengaplikasikan konsep Psikologi Sekolah maka diharapkan didapat hasil optimal dari pembelajaran yang dilakukan.
Daftar Pustaka :
Santrock, J.W. (2008). Psikologi Pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Prenada Media Group
http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar