Senin, 23 Desember 2013

Bab 9


Teori Perkembangan Psikologi Kultural-Historis Vygotsky

Vygotsky menekankan fungsi mental yang kompleks mengenai persepsi kategoris, mmeori logis, pemikiran konseptual, dan atensi yang diatur sendiri. Potensi untuk pengembangan kapabilitas ini ditentukan oleh warisan kultural-historisdari kultur anak dan pengalaman sosial anak. Prinsip dasar dalam perkembangan kognitif yang diidentifikasikan oleh Vygotsky mencakup 2 cabang perkembangan kognitif kultural, hukum penggunaan lambang, dan hukum umum perkembangan genetik.

Ada tiga bidang yang membentuk landasan analisis Vygotsky terhadap perkembangan kapabilitas mental manusia, yaitu adalah hakikat kecerdasan manusia, dua deret baris perkembangan psikologis yang berbeda, biologis, dan kultural-historis, dan desain metode eksperimental untuk investigasi proses psikologis yang dinamis.

Prinsip pembelajaran Vygotsky mendeskripsikan transformasi dari persepsi sederhana, atensi involuntary, dan memori sederhana ke dalam persepsi kategoris pemikiran konseptual, memori logis, dan atensi yang diatur sendiri.
Komponen penying dari pemebelajaran adalah :
      Menentukan tahap pembelajaran yang tepat
      Mengimplementasikan hukum genetik perkembangan kognitif, dan

c    Mengembangkan pemikiran verbal siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar