Selasa, 10 Mei 2011

Andragogi


PENDIDIKAN ORANG DEWASA


Perbaikan kondisi sosial dan ekonomi dan teknologi saat ini menyebabkan semakin bertambahnya minat pada orang dewasa untuk kembali belajar.Hal ini dimanfaatkan oleh banyak orang karena berharap dapat mengemban karir lebih baik.

Sebagai konselor,pengetahuan mengenai pendidikan orang dewasa ini penting,yaitu untuk membantu orang dewasa belajar kembali,melalui pelatihan dan kursus. Banyak kursus-kursus yang dibuka untuk orang dewasa. Melalui kursus-kursus ini mereka berharap dapat memperoleh keahlian dan banuyak informasi baru yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.

Pendidikan untuk orang dewasa ini perlu disusun sedemikian rupa agar tercapai tujuan-tujuan pendidikan yang ingin dicapai.
Hal yang sangat penting pula dalam hal ini adalah MOTIVASI.
Motivasi ini merupakan tenaga pendorong bagi para peserta didik meskipun motif belajar peserta didik berbeda-beda.

Lalu pertanyaanya, Bagaiamana memberikan/menciptakan/mendorong motivasi bagi para peserta didik?
1.      
M1. Menciptakan suasana belajar yang efektif
   Agar tercipta suasana belajar yang efektif,paling tidaknya ada beberapa pedoman dalam memperlakukan mereka , diantaranya;
-Pengajar menekankan para peserta didik bahwa suksesnya pendidikan ini adalah hasil kerjasama peserta dan pengajar.
-Ciptakan suasana pemecahan masalah orang dewasa di kelas,agar hubungan pengajar dan peserta didik tidak lagi seperti guru dan murid melainkan seperti klien dan konsultan.
-Pengajar bersifat empatik 
 
2. Mendorong keinginan untuk belajar dan Menerapakan Hasil belajar
        Selain suasana belajar yang harus diperhatikan,materi pelajaran,sikap,dan prioritas terhadap pelajaran juga penting diperhatikan.
Makin menarik isi dan makin jelas relevansinya dengan hasil-hasil yang dianggap bernilai baik oleh peserta didik,makin besar motivasi untuk belajar.



DAFTAR PUSTAKA

Sukadji, S. (2000). Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. Depok : LPSP3 Fakultas Psikologi UI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar